Kamis, 27 November 2014

MANAJEMEN DATABASE DAN USER

1. PC CLIEN-SERVER
Program komputer Sistem Aplikasi dan Manajemen Rumah Sakit (SAR) mendukung akses database CLIEN-SERVER, sehingga aplikasi ini bisa bekerja secara mandiri (stand-alone, PC tunggal), dan juga multi-user (pemakaian database bersama, PC LAN).
Tetapi, kami lebih menyarankan untuk diinstal di PC LAN (terhubung jaringan komputer lokal), agar masing-masing bagian bisa bekerja maksimal melalui komputer yang disediakan untuknya (di mejanya), dan tentu sesuai tugas bagian kerja masing-masing personal.


Dalam satu sistem jaringan komputer, maka komputer letak database kerja aplikasi SAR ini biasa disebut sebagai komputer server (PC Server database). Dan setiap aplikasi SAR yang terinstal di setiap komputer dalam jaringan komputer, nantinya akan disetting agar mengakses mengakses database di PC Server ini. Dan PC pengakses database di PC server ini biasa disebut sebagai PC Clien.

Aplikasi SAR memakai database berbasis MYSQL, maka di PC server harus diinstal sistem server MYSQL, sedangkan PC Clien tidak harus diinstal server MYSQL.

Pengorder bebas memakai aplikasi server MYSQL baik versi gratis atau berbayar, yang terpenting versi MYSQL-nya di atas V.04. Contoh paket gratis yang dilengkapi beberapa tools manajemen database MYSQL adalah XAMP dan APPSERVER. Dan kami juga menyediakan paket gratis server MYSQL buatan kami yang lebih simpel dan praktis yaitu MYSQL-FREE!
Lebih lanjut instalasi server MYSQL bisa dibaca di e-book tutorial yang kami sediakan.

Setiap komputer dalam satu jaringan komputer lokal (LAN), baik sebagai PC server database ataupun sebagai PC Clien pengakses database di PC server database, bebas diintal aplikasi SAR yang diorder dari kami, tanpa ijin, memakai CD Master Set-Up yang kami sediakan.
Dan melalui menu setting database yang telah disediakan oleh aplikasi SAR, maka ketika aplikasi SAR yang dijalankan (execute) secara otomatis bisa memakai (mengakses) database yang ada di komputer server (PC server database).

Dan ketika aplikasi tidak (gagal) terkoneksi ke salahsatu database di server MYSQL maka otomatis akan muncul permintaan setting koneksi database sbb:


2. INSTALASI DAN USER SAR
User atau operator adalah orang yang mengoperasikan program aplikasi manajemen Rumah Sakit (SAR).
Setiap user memiliki nomor identitas (id) dan password yang bebas diubah oleh user bersangkutan.
Setiap user, bisa diatur hak akses mana yang diijinkan, tentu sesuai tugas dan tanggungjawab bagian kerja personalia tersebut.
User bisa membuka aplikasi SAR dari komputer mana saja dalam jaringan komputer (LAN) yang telah terinstal dan terkoneksi dengan database pusat (PC server database).
Setiap aplikasi SAR dijalankan, akan muncul isian data user, yang secara otomatis oleh aplikasi akan dibuka fitur-fitur yang telah diijinkan untuk user bersangkutan. Fitur atau menu yang tidak diijinkan akan ditutup (tidak tampak). 

3. ADMINISTRATOR
Administrator adalah user dengan kedudukan khusus, yaitu bebas melakukan setting aplikasi dan mengakses setiap menu dalam aplikasi SAR. Administrator boleh lebih dari satu, sesuai kebutuhan dan manajemen rumah sakit. Defaultnya, ketika pertama aplikasi dijalankan, id-admin = admin, dan password-admin = 1234.


4. MENU-HAK AKSES USER
Sebagai contoh, bagian apotek kode user = APOTEK, nama = APOTEK, memiliki hak akses yang hanya di centang [x] sesuai gambar berikut:


Maka ketika log-in sebagai user = APOTEK, akan tampak bahwa item menu FILE yang ditampilkan hanya:


Dan lain-lain, artinya yang dicentang adalah menu yang diijinkan untuk diakses user bersangkutan.

 5. MENU GANTI ID-USER DAN PIN
Fungsi: mengubah kode dan password user.
Menu Utama : FILE


6. DATABASE AUTO-BACKUP
Keamanan database sangat penting, maka aplikasi ini dilengkapi tools auto-backup yang secara berkala akan melakukan penyalinan (copy) data base, jika terdapat perubahan database.


Dari gambar, maka setiap menit akan dilakukan deteksi apakah ada perubahan database. Jika ada simpan di folde D:\BACKUP\RSUD\, dan lakukan penghapusan data back-up yang lebih dari 10 hari umurnya. Tombol SAVE NOW! Dipakai untuk melakukan backup / penyimpanan database secara manual.
Database back-up bisa langsung disimpan ke flash-disk atau ekternal hard-disk. Dan sewaktu-waktu bisa dibuka atau dipakai pengganti database jika terjadi kerusakan database aktif secara fatal.

 7. EKSPOR-IMPOR
Aplikasi dilengkapi fasilitas ekspor database ke dalam format file Ms.Excel, dan juga untuk memudahkan entri data (terutama pasien lama) juga dilengkapi fasilitas impor database dari Ms.Excel.


Hubungi  kami  |  Beli Produk ini

Terima kasih atas kunjungan anda

0 komentar:

Posting Komentar