1. PC CLIEN-SERVER
Program komputer
Sistem Aplikasi dan Manajemen Rumah Sakit (SAR) mendukung akses database
CLIEN-SERVER, sehingga aplikasi ini bisa bekerja secara mandiri (stand-alone,
PC tunggal), dan juga multi-user (pemakaian database bersama, PC LAN).
Tetapi, kami lebih
menyarankan untuk diinstal di PC LAN (terhubung jaringan komputer lokal), agar
masing-masing bagian bisa bekerja maksimal melalui komputer yang disediakan
untuknya (di mejanya), dan tentu sesuai tugas bagian kerja masing-masing
personal.
Dalam satu sistem
jaringan komputer, maka komputer letak database kerja aplikasi SAR ini biasa
disebut sebagai komputer server (PC Server database). Dan setiap aplikasi SAR
yang terinstal di setiap komputer dalam jaringan komputer, nantinya akan
disetting agar mengakses mengakses database di PC Server ini. Dan PC pengakses
database di PC server ini biasa disebut sebagai PC Clien.
Aplikasi SAR memakai
database berbasis MYSQL, maka di PC server harus diinstal sistem server MYSQL,
sedangkan PC Clien tidak harus diinstal server MYSQL.
Pengorder bebas
memakai aplikasi server MYSQL baik versi gratis atau berbayar, yang terpenting
versi MYSQL-nya di atas V.04. Contoh paket gratis yang dilengkapi beberapa
tools manajemen database MYSQL adalah XAMP dan APPSERVER. Dan kami juga
menyediakan paket gratis server MYSQL buatan kami yang lebih simpel dan praktis
yaitu MYSQL-FREE!
Lebih lanjut instalasi
server MYSQL bisa dibaca di e-book tutorial yang kami sediakan.
Setiap komputer dalam
satu jaringan komputer lokal (LAN), baik sebagai PC server database ataupun
sebagai PC Clien pengakses database di PC server database, bebas diintal
aplikasi SAR yang diorder dari kami, tanpa ijin, memakai CD Master Set-Up yang
kami sediakan.
Dan melalui menu
setting database yang telah disediakan oleh aplikasi SAR, maka ketika aplikasi
SAR yang dijalankan (execute) secara otomatis bisa memakai (mengakses) database
yang ada di komputer server (PC server database).
Dan ketika aplikasi
tidak (gagal) terkoneksi ke salahsatu database di server MYSQL maka otomatis
akan muncul permintaan setting koneksi database sbb:
2. INSTALASI DAN USER
SAR
User atau operator
adalah orang yang mengoperasikan program aplikasi manajemen Rumah Sakit (SAR).
Setiap user memiliki
nomor identitas (id) dan password yang bebas diubah oleh user bersangkutan.
Setiap user, bisa
diatur hak akses mana yang diijinkan, tentu sesuai tugas dan tanggungjawab
bagian kerja personalia tersebut.
User bisa membuka
aplikasi SAR dari komputer mana saja dalam jaringan komputer (LAN) yang telah
terinstal dan terkoneksi dengan database pusat (PC server database).
Setiap aplikasi SAR
dijalankan, akan muncul isian data user, yang secara otomatis oleh aplikasi
akan dibuka fitur-fitur yang telah diijinkan untuk user bersangkutan. Fitur
atau menu yang tidak diijinkan akan ditutup (tidak tampak).
3. ADMINISTRATOR
Administrator adalah
user dengan kedudukan khusus, yaitu bebas melakukan setting aplikasi dan
mengakses setiap menu dalam aplikasi SAR. Administrator boleh lebih dari satu,
sesuai kebutuhan dan manajemen rumah sakit. Defaultnya, ketika pertama aplikasi
dijalankan, id-admin = admin, dan password-admin = 1234.
4. MENU-HAK AKSES USER
Sebagai contoh, bagian
apotek kode user = APOTEK, nama = APOTEK, memiliki hak akses yang hanya di
centang [x] sesuai gambar berikut:
Maka ketika log-in
sebagai user = APOTEK, akan tampak bahwa item menu FILE yang ditampilkan hanya:
Dan lain-lain, artinya
yang dicentang adalah menu yang diijinkan untuk diakses user bersangkutan.
5.
MENU GANTI ID-USER DAN PIN
Fungsi: mengubah kode
dan password user.
Menu Utama : FILE
6. DATABASE AUTO-BACKUP
Keamanan database
sangat penting, maka aplikasi ini dilengkapi tools auto-backup yang secara
berkala akan melakukan penyalinan (copy) data base, jika terdapat perubahan
database.
Dari gambar, maka
setiap menit akan dilakukan deteksi apakah ada perubahan database. Jika ada
simpan di folde D:\BACKUP\RSUD\, dan lakukan penghapusan data back-up yang
lebih dari 10 hari umurnya. Tombol SAVE NOW! Dipakai untuk melakukan backup /
penyimpanan database secara manual.
Database back-up bisa
langsung disimpan ke flash-disk atau ekternal hard-disk. Dan sewaktu-waktu bisa
dibuka atau dipakai pengganti database jika terjadi kerusakan database aktif
secara fatal.
7. EKSPOR-IMPOR
Aplikasi dilengkapi
fasilitas ekspor database ke dalam format file Ms.Excel, dan juga untuk
memudahkan entri data (terutama pasien lama) juga dilengkapi fasilitas impor
database dari Ms.Excel.
Hubungi kami | Beli
Produk ini
Terima kasih atas kunjungan anda
0 komentar:
Posting Komentar