Jumat, 28 November 2014

MANAJEMEN RAWAT JALAN


1. PENDAHULUAN

Secara umum, urutan proses perawatan pasien dimulai: pendaftaran member pasien di bagian CS (customer service), tindakan perawatan, pembayaran, dan check-out (keluar/pulang). Aplikasi SAR mendukung pendataan untuk pasien rawat jalan dan rawat inap. Dan masing-masing bagian klinik bisa disediakan komputer dan diinstal software Sistem Aplikasi dan Manajemen Rumah Sakit (SAR). Sehingga lebih mempercepat dan bebas melakukan pencatatan tindakan-tindakan medis yang secara otomatis total biayanya akan diposting ke masing-masing billing (tagihan) pasien. Dengan demikian, ketika pasien akan check-out, bagian kasir secara real-time bisa mengetahui jumlah tagihan dan mencetak rincian biaya perawatan.

Contoh fitur pendukung bagian klinik dan UGD:
  • Registrasi perawatan (billing baru),
  • Catatan pasien,
  • Pemakaian produk/obat,
  • Konsultasi dokter spesialis,
  • Tindakan keperawatan,
  • Pemakaian alat-alat medis,
  • Tes uji-laborat,
  • Pemakaian penunjang medis,
  • Tindakan medis, dan Jasa lain-lain.

Jika RS anda telah memiliki sistem manajemen MANDIRI di setiap bagian tindakan medis tersebut, maka masing-masing bagian bisa melakukan layanan pendataan mandiri langsung melalui komputer kerja di ruang masing-masing bagian TERSEBUT.
Tetapi, jika tidak, maka petugas di setiap klinik baik di UGD atau klinik (GIGI, THT, PENYAKIT DALAM, DLL) yang aktif melakukan pendataan melalui komputer di kliniknya.
Ketika pasien diijinkan chek-out, maka keluarganya datang ke bagian kasir untuk melakukan pelunasan tagihan berdasarkan nomor kode perawatan. Dan petugas
pemberi ijin check-out bisa melakukan perintah check-out melalui aplikasi SAR ini. Maka semua komputer di setiap bagian jika diijinkan bisa melihat status pasien bahwa ia telah diijinkan chek-out.
Berikut penerapan fitur untuk rawat jalan pasien, dengan melibatkan bagian :
Customer Service (CS)
Poli klinik / UGD,
 Apotek,
 Bagian Laborat / Tindakan Medis / Alat-alat Medis, dan
Bagian Kasir (keuangan).

2. PENDAFTARAN PASIEN (OLEH PERSONAL BAGIAN CS)
Pendaftaran member pasien hanya dilakukan sekali untuk selamanya. Nomor ID customer ini bisa sebagai nomor Rekam Medis yang tetap dan dicetak di kartu ID.



3. REGISTRASI PERAWATAN (OLEH PERSONAL BAGIAN KLINIK)
Contoh, pasien masuk klinik bagian GIGI, maka petugas membuat data perawatan baru. Form isian data registrasi perawatan (billing / tagihan) baru terdapat grup informasi: status perawatan, catatan, dan billing (autopost).


Catatan lain kondisi awal perawatan bisa dimasukan berdasarkan analisa dokter utama:


4. CATATAN REKAM MEDIS PASIEN (OLEH DOKTER BAGIAN KLINIK)
Sangat berguna untuk memberikan informasi detail setiap perawatan atau tindakan medis. Dilakukan oleh dokter utama untuk melengkapi rekam medis pasien, dengan diawali memasukan ID-KARYAWAN dan PIN-nya.


5. PEMAKAIAN OBAT APOTEK (PERSONAL BAGIAN APOTEK)
Dokter memberikan memo resep kepada bagian apotek untuk memberikan obat yang dibutuhkan pasien. Bagian apotek melalui komputer kerja mencari data nomor perawatan pasien sesuai memo resep, dan mendata pemakaian obat.
Khusus pasien BPJS bisa jadi, harga obat bisa diedit untuk digratiskan (NOL).


6. TINDAKAN MEDIS DAN PERAWATAN LAIN-LAIN (PERSONAL BAGIAN TINDAKAN MEDIS DAN PERAWATAN)
Beberapa RS telah memiliki ruang bagian-bagian terpisah untuk tindakan ataupun pemakaian alat-alat medis (misal : ruang laboratorium), maka entri data tindakan bisa dilakukan di ruang masing-masing.  Tetapi, jika belum memiliki bisa diwakili personal yang ada di bagian masing-masing klinik.
Berikut contoh penambahan data TINDAKAN KEPERAWATAN:


Beberapa tindakan lain yang identik di atas tidak kami cantumkan dalam penjelasan ini, misal : pemakaian alat-alat medis, tes uji-laborat, pemakaian penunjang medis, tindakan medis, dan Jasa lain-lain. Lebih lanjut lihat penjelasan fitur tindakan-tindakan.

7. PEMBAYARAN TAGIHAN (BAGIAN KASIR KEUANGAN)
Setelah semua tindakan yang diperlukan selesai, pasien yang rawat jalan dipersilakan untuk melunasi billing (tagihan) perawatan ke bagian keuangan atau kasir.


Contoh kwitansi yang dicetak otomatis setelah ditekan [PROSES]:


8. CETAK BILLING (BAGIAN KEUANGAN)
Berbagai sumber biaya dari segala tindakan termasuk konsultasi dokter utama dan spesialis, ditambah administrasi secara otomatis akan diposting ke data billing pasien.
Dan contoh tampilan cetakan billing adalah:


Atau dicetak bentuk rekap sbb:


9. IJIN CHECK-OUT (PERSONAL BAGIAN KEUANGAN)
Agar semua bagian mendapatkan informasi valid bahwa seorang pasien sudah diijinkan secara resmi untuk pulang (check-out), maka personal yang ditunjuk (biasanya bagian keuangan) akan melakukan pengesahan ijin check-out.


Pada proses pengijinan check-out, jika status pembayaran belum lunas akan ada pemberitahuan belum lunas.


Pilihan IJINKAN berarti menjadi piutang pasien, suatu ketika akan dilunasi. Pilihan BATAL berarti proses dibatalkan dulu.
Pilihan BEBAS akan muncul form pilihan:


     (1) JAMKES berarti dijamin jaminan kesehatan yang dimiliki,
     (2) SOSIAL pembayaran gratis (sosial),
     (3) KERUGIAN yang akan menjadi biaya tak tertagih.

10. MELEPAS PASIEN (BAGIAN KLINIK)
Untuk melepas pasien bisa berdasarkan kwitansi pembayaran yang dibawa oleh keluarga pasien, atau langsung melihat daftar pasien yang sudah diijinkan check-out melalui komputer masing-masing klinik.


Pada gambar, daftar pasien bisa difilter khusus poli tertentu, juga bisa difilter berdasarkan status tagihan, status perawatan, dan kelompok periode tanggal masuk. Dan untuk mempercepat pencarian bisa melalui menu pencarian, cukup masukan potongan teks dari nama atau alamat maka akan ditampilkan data terdekat.
Setelah ketemu, terlihat status perawatan jika “CHECK-OUT” berarti sudah diijinkan untuk pulang.

11. DAFTAR TAGIHAN KE PENJAMIN (BAGIAN KEUANGAN)
Secara periodik, bagian keuangan bisa melihat total klaim masing-masing lembaga penjamin perawatan (pengobatan). Ketika menerima pembayaran dari klaim, maka bisa ditambahkan sesuai jumlah diterima. Dengan demikian akan terlihat saldo terakhir.


Untuk keperluan dokumentasi lebih luas disediakan ekspor data ke file M.Excel.

12. LAPORAN-LAPORAN (PERSONAL BAGIAN KLINIK)
Setiap klinik bisa mencetak rekapitulasi pasiennya per bualn baik yang dilanjutkan rawat inap atau rawat jalan saja.


13. SETTING TINDAKAN-TINDAKAN (BAGIAN ADMINISTRATOR / BERWENANG)
Berbagai otomatisasi tindakan dan perawatan medis terdapat setting tabel data yang bebas diatur oleh pihak rumah sakit. Selanjutnya lihat penjelasan fitur bagian setting data.

Hubungi Kami  |  Beli Produk ini


Terima kasih atas kunjungan anda

2 komentar:

  1. Iron Clippers - Titanium Tabs - Titsanium Artoon, Sterling
    Iron Clippers - Titsanium Artoon, Sterling, titanium network surf freely Sterling Brass - Titsanium ecosport titanium Artoon, titanium hair straightener Sterling Copper, Titsanium Artoon, titanium fat bike Sterling Copper, Titsanium Artoon, Sterling revlon titanium max edition Copper, Titsanium Artoon

    BalasHapus