1. PENDAHULUAN
Secara umum, urutan
proses perawatan pasien dimulai: pendaftaran member pasien di bagian CS
(customer service), tindakan perawatan, pembayaran, dan check-out
(keluar/pulang). Aplikasi SAR mendukung
pendataan untuk pasien rawat jalan dan rawat inap. Dan masing-masing bagian
klinik bisa disediakan komputer dan diinstal software Sistem Aplikasi dan Manajemen Rumah Sakit
(SAR). Sehingga lebih
mempercepat dan bebas melakukan pencatatan tindakan-tindakan medis
yang secara otomatis total biayanya akan diposting ke masing-masing billing
(tagihan) pasien. Dengan demikian, ketika pasien akan check-out, bagian kasir
secara real-time bisa
mengetahui jumlah tagihan dan mencetak rincian biaya perawatan.
Contoh fitur pendukung
bagian klinik dan UGD:
- Registrasi perawatan (billing baru),
- Catatan pasien,
- Pemakaian produk/obat,
- Konsultasi dokter spesialis,
- Tindakan keperawatan,
- Pemakaian alat-alat medis,
- Tes uji-laborat,
- Pemakaian penunjang medis,
- Tindakan medis, dan Jasa lain-lain.
Jika RS anda telah
memiliki sistem manajemen MANDIRI di setiap bagian tindakan medis tersebut,
maka masing-masing bagian bisa melakukan layanan pendataan mandiri langsung
melalui komputer kerja di ruang masing-masing bagian TERSEBUT.
Tetapi, jika tidak,
maka petugas di setiap klinik baik di UGD atau klinik (GIGI, THT, PENYAKIT
DALAM, DLL) yang aktif melakukan pendataan melalui komputer di kliniknya.
Ketika pasien
diijinkan chek-out, maka keluarganya datang ke bagian kasir untuk melakukan
pelunasan tagihan berdasarkan nomor kode perawatan. Dan petugas
pemberi ijin check-out
bisa melakukan perintah check-out melalui aplikasi SAR ini. Maka semua komputer
di setiap bagian jika diijinkan bisa melihat status pasien bahwa ia telah
diijinkan chek-out.
Berikut penerapan
fitur untuk rawat jalan pasien, dengan melibatkan bagian :
Customer Service (CS)
Poli klinik / UGD,
Apotek,
Bagian Laborat / Tindakan Medis / Alat-alat
Medis, dan
Bagian Kasir
(keuangan).
2. PENDAFTARAN PASIEN (OLEH PERSONAL
BAGIAN CS)
Pendaftaran member
pasien hanya dilakukan sekali untuk selamanya. Nomor ID customer ini bisa
sebagai nomor Rekam Medis yang tetap dan dicetak di kartu ID.
3. REGISTRASI PERAWATAN (OLEH
PERSONAL BAGIAN KLINIK)
Contoh, pasien masuk
klinik bagian GIGI, maka petugas membuat data perawatan baru. Form isian data
registrasi perawatan (billing / tagihan) baru terdapat grup informasi: status
perawatan, catatan, dan billing (autopost).
Catatan lain kondisi
awal perawatan bisa dimasukan berdasarkan analisa dokter utama:
4. CATATAN REKAM MEDIS PASIEN (OLEH
DOKTER BAGIAN KLINIK)
Sangat berguna untuk
memberikan informasi detail setiap perawatan atau tindakan medis. Dilakukan
oleh dokter utama untuk melengkapi rekam medis pasien, dengan diawali memasukan
ID-KARYAWAN dan PIN-nya.
5. PEMAKAIAN OBAT APOTEK
(PERSONAL BAGIAN APOTEK)
Dokter memberikan memo
resep kepada bagian apotek untuk memberikan obat yang dibutuhkan pasien. Bagian
apotek melalui komputer kerja mencari data nomor perawatan pasien sesuai memo
resep, dan mendata pemakaian obat.
Khusus pasien BPJS
bisa jadi, harga obat bisa diedit untuk digratiskan (NOL).
6. TINDAKAN MEDIS DAN
PERAWATAN LAIN-LAIN (PERSONAL BAGIAN TINDAKAN MEDIS DAN PERAWATAN)
Beberapa RS telah
memiliki ruang bagian-bagian terpisah untuk tindakan ataupun pemakaian
alat-alat medis (misal : ruang laboratorium), maka entri data tindakan bisa
dilakukan di ruang masing-masing. Tetapi,
jika belum memiliki bisa diwakili personal yang ada di bagian masing-masing
klinik.
Berikut contoh
penambahan data TINDAKAN KEPERAWATAN:
Beberapa tindakan lain
yang identik di atas tidak kami cantumkan dalam penjelasan ini, misal :
pemakaian alat-alat medis, tes uji-laborat, pemakaian penunjang medis, tindakan
medis, dan Jasa lain-lain. Lebih
lanjut lihat penjelasan fitur tindakan-tindakan.
7. PEMBAYARAN TAGIHAN (BAGIAN KASIR
KEUANGAN)
Setelah semua tindakan
yang diperlukan selesai, pasien yang rawat jalan dipersilakan untuk melunasi
billing (tagihan) perawatan ke bagian keuangan atau kasir.
Contoh kwitansi yang
dicetak otomatis setelah ditekan [PROSES]:
8. CETAK BILLING (BAGIAN KEUANGAN)
Berbagai sumber biaya
dari segala tindakan termasuk konsultasi dokter utama dan spesialis, ditambah
administrasi secara otomatis akan diposting ke data billing pasien.
Dan contoh tampilan
cetakan billing adalah:
Atau dicetak bentuk
rekap sbb:
9. IJIN CHECK-OUT (PERSONAL
BAGIAN KEUANGAN)
Agar semua bagian
mendapatkan informasi valid bahwa seorang pasien sudah diijinkan secara resmi
untuk pulang (check-out), maka personal yang ditunjuk (biasanya bagian
keuangan) akan melakukan pengesahan ijin check-out.
Pada proses pengijinan
check-out, jika status pembayaran belum lunas akan ada pemberitahuan belum
lunas.
Pilihan IJINKAN
berarti menjadi piutang pasien, suatu ketika akan dilunasi. Pilihan BATAL
berarti proses dibatalkan dulu.
Pilihan BEBAS akan
muncul form pilihan:
(1) JAMKES berarti dijamin jaminan
kesehatan yang dimiliki,
(2) SOSIAL pembayaran gratis (sosial),
(3) KERUGIAN yang akan menjadi biaya tak
tertagih.
10. MELEPAS PASIEN (BAGIAN
KLINIK)
Untuk melepas pasien
bisa berdasarkan kwitansi pembayaran yang dibawa oleh keluarga pasien, atau
langsung melihat daftar pasien yang sudah diijinkan check-out melalui komputer
masing-masing klinik.
Pada gambar, daftar
pasien bisa difilter khusus poli tertentu, juga bisa difilter berdasarkan
status tagihan, status perawatan, dan kelompok periode tanggal masuk. Dan untuk
mempercepat pencarian bisa melalui menu pencarian, cukup masukan potongan teks
dari nama atau alamat maka akan ditampilkan data terdekat.
Setelah ketemu,
terlihat status perawatan jika “CHECK-OUT” berarti sudah diijinkan untuk
pulang.
11. DAFTAR TAGIHAN KE PENJAMIN
(BAGIAN KEUANGAN)
Secara periodik,
bagian keuangan bisa melihat total klaim masing-masing lembaga penjamin
perawatan (pengobatan). Ketika menerima pembayaran dari klaim, maka bisa
ditambahkan sesuai jumlah diterima. Dengan demikian akan terlihat saldo
terakhir.
Untuk keperluan
dokumentasi lebih luas disediakan ekspor data ke file M.Excel.
12. LAPORAN-LAPORAN (PERSONAL BAGIAN
KLINIK)
Setiap klinik bisa
mencetak rekapitulasi pasiennya per bualn baik yang dilanjutkan rawat inap atau
rawat jalan saja.
13. SETTING TINDAKAN-TINDAKAN
(BAGIAN ADMINISTRATOR / BERWENANG)
Berbagai otomatisasi tindakan dan perawatan medis terdapat
setting tabel data yang bebas diatur oleh pihak rumah sakit. Selanjutnya lihat
penjelasan fitur bagian setting data.
Hubungi Kami | Beli
Produk ini
Terima kasih atas kunjungan anda
Iron Clippers - Titanium Tabs - Titsanium Artoon, Sterling
BalasHapusIron Clippers - Titsanium Artoon, Sterling, titanium network surf freely Sterling Brass - Titsanium ecosport titanium Artoon, titanium hair straightener Sterling Copper, Titsanium Artoon, titanium fat bike Sterling Copper, Titsanium Artoon, Sterling revlon titanium max edition Copper, Titsanium Artoon
v060z8mrghc372 sex toys,Male Masturbators,dildos,custom sex doll,vibrators,adult sex toys,bullets and eggs,dog dildo,dildo a524f3oetnw825
BalasHapus