1.
PENDAHULUAN
Secara PRINSIP, proses perawatan
INAP sama dengan perawatan JALAN. Hanya saja, pada perawatan inap terdapat
biaya pemakaian kamar, perawatan harian, visit dokter, dan biasanya terdapat
titipan (uang muka) jaminan pembayaran. Untuk kasus ini, pasien berawal dari
bagian UGD yang dirujuk inap.
2.
PENDAFTARAN PASIEN (OLEH PERSONAL BAGIAN CS)
Pendaftaran member pasien hanya
dilakukan sekali untuk selamanya. Nomor ID customer ini bisa sebagai nomor
Rekam Medis yang tetap dan dicetak di kartu ID.
3.
REGISTRASI PERAWATAN (OLEH PERSONAL BAGIAN UGD)
Contoh, pasien masuk UGD, maka
petugas membuat data perawatan baru. Form isian data registrasi perawatan
(billing / tagihan) baru terdapat grup informasi: status perawatan, catatan,
dan billing (autopost).
4.
CATATAN REKAM MEDIS PASIEN (OLEH DOKTER BAGIAN UGD)
Sangat berguna untuk memberikan
informasi detail setiap perawatan atau tindakan medis. Dilakukan oleh dokter
utama untuk melengkapi rekam medis pasien, dengan diawali memasukan ID-KARYAWAN
dan PIN-nya.
5.
PEMAKAIAN KAMAR (PERSONAL CS ATAU BAGIAN KLINIK)
Bagian CS atau bagian klinik
memberikan informasi status kamar, tarif, dan layanan lainnya.
Kemudian, setelah keluarga pasien
memilih, petugas mendaftarkan:
Dan mencetak label memo status
pasien, terutama untuk bagian kamar:
6.
PEMAKAIAN OBAT APOTEK (PERSONAL BAGIAN APOTEK)
Dokter memberikan memo resep kepada
bagian apotek untuk memberikan obat yang dibutuhkan pasien. Bagian apotek
melalui komputer kerja mencari data nomor perawatan pasien sesuai memo resep,
dan mendata pemakaian obat.
Khusus pasien BPJS bisa jadi, harga
obat bisa diedit untuk digratiskan (NOL).
7.
TINDAKAN MEDIS DAN PERAWATAN LAIN-LAIN (PERSONAL BAGIAN TINDAKAN MEDIS DAN
PERAWATAN)
Beberapa RS telah memiliki ruang
bagian-bagian terpisah untuk tindakan ataupun pemakaian alat-alat medis (misal
: ruang laboratorium), maka entri data tindakan bisa dilakukan di ruang
masing-masing. Tetapi, jika belum memiliki bisa diwakili personal yang ada di
bagian masing-masing klinik. Berikut contoh penambahan data tindakan medis:
TINDAKAN KEPERAWATAN:
TES-UJI LABORATORIUM:
Beberapa tindakan lain yang identik
di atas tidak kami cantumkan dalam penjelasan ini, misal : pemakaian alat-alat
medis, tes uji-laborat, pemakaian penunjang medis, tindakan medis, dan Jasa
lain-lain.
Lebih lanjut lihat penjelasan fitur
tindakan-tindakan.
8.
PEMBAYARAN TAGIHAN (BAGIAN KASIR KEUANGAN)
Program aplikasi SAR bisa melayani
pembayaran uang muka (jaminan) atau pembayaran cicilan, dan secara otomatis
akan terlihat sisa tagihannya.
Contoh kwitansi yang dicetak
otomatis setelah ditekan [PROSES]:
Setelah semua tindakan yang
diperlukan selesai, pasien yang rawat jalan dipersilakan untuk melunasi billing
(tagihan) perawatan ke bagian keuangan atau kasir.
9.
CETAK BILLING (BAGIAN KEUANGAN)
Berbagai sumber biaya dari SEWA
KAMAR, dan segala tindakan termasuk konsultasi dokter utama dan spesialis,
ditambah administrasi secara otomatis akan diposting ke data billing pasien.
Billing bisa dicetak secara rekap
atau detail, baik dicetak setelah lunas atau tagihan sementara.
10. IJIN CHECK-OUT (PERSONAL BAGIAN KEUANGAN)
Agar semua bagian mendapatkan
informasi valid bahwa seorang pasien sudah diijinkan secara resmi untuk pulang
(check-out), maka personal yang ditunjuk (biasanya bagian keuangan) akan
melakukan pengesahan ijin check-out.
Pada proses pengijinan check-out,
jika status pembayaran belum lunas akan ada pemberitahuan belum lunas.
Pilihan IJINKAN berarti menjadi
piutang pasien, suatu ketika akan dilunasi. Pilihan BATAL berarti proses
dibatalkan dulu.
Pilihan BEBAS akan muncul form
pilihan:
- JAMKES : Berarti dijamin jaminan kesehatan yang dimiliki, jika jenis asuransi belum diisi ketika masuk akan muncul:
- SOSIAL : Pembayaran gratis (sosial),
- KERUGIAN : Akan menjadi biaya tak tertagih.
11.
MELEPAS PASIEN (BAGIAN KAMAR)
Untuk melepas pasien bisa
berdasarkan kwitansi pembayaran yang dibawa oleh keluarga pasien, atau langsung
melihat daftar pasien yang sudah diijinkan check-out melalui komputer yang
tersedia di bagian CS grup kamar.
Pada gambar, daftar pasien bisa
difilter khusus poli tertentu, juga bisa difilter berdasarkan status tagihan,
status perawatan, dan kelompok periode tanggal masuk. Dan untuk mempercepat
pencarian bisa melalui menu pencarian, cukup masukan potongan teks dari nama
atau alamat maka akan ditampilkan data terdekat.
Setelah ketemu, terlihat status
perawatan jika “CHECK-OUT” berarti sudah diijinkan untuk pulang.
12. DAFTAR TAGIHAN KE PENJAMIN (BAGIAN
KEUANGAN)
Secara periodik, bagian keuangan
bisa melihat total klaim masing-masing lembaga penjamin perawatan (pengobatan).
Ketika menerima pembayaran dari klaim, maka bisa ditambahkan sesuai jumlah
diterima. Dengan demikian akan terlihat saldo terakhir.
Untuk keperluan dokumentasi lebih
luas disediakan ekspor data ke file M.Excel.
Ketika ada pembayaran dari penjamin,
bisa ditambahkan sbb:
13.
LAPORAN-LAPORAN (PERSONAL BAGIAN KLINIK)
Setiap klinik bisa mencetak
rekapitulasi pasiennya per bualn baik yang dilanjutkan rawat inap atau rawat
jalan saja.
14.
SETTING TINDAKAN-TINDAKAN (BAGIAN ADMINISTRATOR / BERWENANG)
Berbagai otomatisasi tindakan dan
perawatan medis terdapat setting tabel data yang bebas diatur oleh pihak rumah
sakit. Selanjutnya lihat penjelasan fitur bagian setting data.
Hubungi Kami | Beli
Produk ini
Terima kasih atas kunjungan anda
0 komentar:
Posting Komentar