Jumat, 28 November 2014

MANAJEMEN RAWAT INAP


1. PENDAHULUAN
Secara PRINSIP, proses perawatan INAP sama dengan perawatan JALAN. Hanya saja, pada perawatan inap terdapat biaya pemakaian kamar, perawatan harian, visit dokter, dan biasanya terdapat titipan (uang muka) jaminan pembayaran. Untuk kasus ini, pasien berawal dari bagian UGD yang dirujuk inap.

2. PENDAFTARAN PASIEN (OLEH PERSONAL BAGIAN CS)
Pendaftaran member pasien hanya dilakukan sekali untuk selamanya. Nomor ID customer ini bisa sebagai nomor Rekam Medis yang tetap dan dicetak di kartu ID.


3. REGISTRASI PERAWATAN (OLEH PERSONAL BAGIAN UGD)
Contoh, pasien masuk UGD, maka petugas membuat data perawatan baru. Form isian data registrasi perawatan (billing / tagihan) baru terdapat grup informasi: status perawatan, catatan, dan billing (autopost).


4. CATATAN REKAM MEDIS PASIEN (OLEH DOKTER BAGIAN UGD)
Sangat berguna untuk memberikan informasi detail setiap perawatan atau tindakan medis. Dilakukan oleh dokter utama untuk melengkapi rekam medis pasien, dengan diawali memasukan ID-KARYAWAN dan PIN-nya.


5. PEMAKAIAN KAMAR (PERSONAL CS ATAU BAGIAN KLINIK)
Bagian CS atau bagian klinik memberikan informasi status kamar, tarif, dan layanan lainnya.
Kemudian, setelah keluarga pasien memilih, petugas mendaftarkan:


Dan mencetak label memo status pasien, terutama untuk bagian kamar:



6. PEMAKAIAN OBAT APOTEK (PERSONAL BAGIAN APOTEK)
Dokter memberikan memo resep kepada bagian apotek untuk memberikan obat yang dibutuhkan pasien. Bagian apotek melalui komputer kerja mencari data nomor perawatan pasien sesuai memo resep, dan mendata pemakaian obat.


Khusus pasien BPJS bisa jadi, harga obat bisa diedit untuk digratiskan (NOL).

7. TINDAKAN MEDIS DAN PERAWATAN LAIN-LAIN (PERSONAL BAGIAN TINDAKAN MEDIS DAN PERAWATAN)
Beberapa RS telah memiliki ruang bagian-bagian terpisah untuk tindakan ataupun pemakaian alat-alat medis (misal : ruang laboratorium), maka entri data tindakan bisa dilakukan di ruang masing-masing. Tetapi, jika belum memiliki bisa diwakili personal yang ada di bagian masing-masing klinik. Berikut contoh penambahan data tindakan medis:

TINDAKAN KEPERAWATAN:


TES-UJI LABORATORIUM:


Beberapa tindakan lain yang identik di atas tidak kami cantumkan dalam penjelasan ini, misal : pemakaian alat-alat medis, tes uji-laborat, pemakaian penunjang medis, tindakan medis, dan Jasa lain-lain.
Lebih lanjut lihat penjelasan fitur tindakan-tindakan.

8. PEMBAYARAN TAGIHAN (BAGIAN KASIR KEUANGAN)
Program aplikasi SAR bisa melayani pembayaran uang muka (jaminan) atau pembayaran cicilan, dan secara otomatis akan terlihat sisa tagihannya.


Contoh kwitansi yang dicetak otomatis setelah ditekan [PROSES]:


Setelah semua tindakan yang diperlukan selesai, pasien yang rawat jalan dipersilakan untuk melunasi billing (tagihan) perawatan ke bagian keuangan atau kasir.

9. CETAK BILLING (BAGIAN KEUANGAN)
Berbagai sumber biaya dari SEWA KAMAR, dan segala tindakan termasuk konsultasi dokter utama dan spesialis, ditambah administrasi secara otomatis akan diposting ke data billing pasien.
Billing bisa dicetak secara rekap atau detail, baik dicetak setelah lunas atau tagihan sementara.


 10. IJIN CHECK-OUT (PERSONAL BAGIAN KEUANGAN)
Agar semua bagian mendapatkan informasi valid bahwa seorang pasien sudah diijinkan secara resmi untuk pulang (check-out), maka personal yang ditunjuk (biasanya bagian keuangan) akan melakukan pengesahan ijin check-out.


Pada proses pengijinan check-out, jika status pembayaran belum lunas akan ada pemberitahuan belum lunas.


Pilihan IJINKAN berarti menjadi piutang pasien, suatu ketika akan dilunasi. Pilihan BATAL berarti proses dibatalkan dulu.
Pilihan BEBAS akan muncul form pilihan:


  • JAMKES :  Berarti dijamin jaminan kesehatan yang dimiliki, jika jenis asuransi belum diisi ketika masuk akan muncul:
  • SOSIAL  : Pembayaran gratis (sosial),
  • KERUGIAN :  Akan menjadi biaya tak tertagih.


11. MELEPAS PASIEN (BAGIAN KAMAR)
Untuk melepas pasien bisa berdasarkan kwitansi pembayaran yang dibawa oleh keluarga pasien, atau langsung melihat daftar pasien yang sudah diijinkan check-out melalui komputer yang tersedia di bagian CS grup kamar.


Pada gambar, daftar pasien bisa difilter khusus poli tertentu, juga bisa difilter berdasarkan status tagihan, status perawatan, dan kelompok periode tanggal masuk. Dan untuk mempercepat pencarian bisa melalui menu pencarian, cukup masukan potongan teks dari nama atau alamat maka akan ditampilkan data terdekat.
Setelah ketemu, terlihat status perawatan jika “CHECK-OUT” berarti sudah diijinkan untuk pulang.

 12. DAFTAR TAGIHAN KE PENJAMIN (BAGIAN KEUANGAN)
Secara periodik, bagian keuangan bisa melihat total klaim masing-masing lembaga penjamin perawatan (pengobatan). Ketika menerima pembayaran dari klaim, maka bisa ditambahkan sesuai jumlah diterima. Dengan demikian akan terlihat saldo terakhir.


Untuk keperluan dokumentasi lebih luas disediakan ekspor data ke file M.Excel.
Ketika ada pembayaran dari penjamin, bisa ditambahkan sbb:


13. LAPORAN-LAPORAN (PERSONAL BAGIAN KLINIK)
Setiap klinik bisa mencetak rekapitulasi pasiennya per bualn baik yang dilanjutkan rawat inap atau rawat jalan saja.


14. SETTING TINDAKAN-TINDAKAN (BAGIAN ADMINISTRATOR / BERWENANG)
Berbagai otomatisasi tindakan dan perawatan medis terdapat setting tabel data yang bebas diatur oleh pihak rumah sakit. Selanjutnya lihat penjelasan fitur bagian setting data.


Hubungi Kami  |  Beli Produk ini


Terima kasih atas kunjungan anda

0 komentar:

Posting Komentar